Yuk Pahami Bagaimana Menerapkan Kualitas Pelayanan yang Baik! Contoh Penerapan: UMKM Mie Ayam Pak De Karyo - Mie Ayam Pak De Karyo

Senin, 27 Juni 2022

Yuk Pahami Bagaimana Menerapkan Kualitas Pelayanan yang Baik! Contoh Penerapan: UMKM Mie Ayam Pak De Karyo


Yuk Pahami Bagaimana Menerapkan Kualitas Pelayanan yang Baik! Contoh Penerapan: UMKM Mie Ayam Pak De Karyo

Tak hanya lezat, kualitas pelayanan yang baik pun menjadi salah satu keunggulan dari bisnis yang bergerak di bidang food & beverages. Mie Ayam Pak De Karyo selaku bisnis makanan legendaris di Jakarta pun ternyata mengandalkan kualitas pelayanannya yang baik dan terbukti berhasil menciptakan konsumen yang loyal dari tahun ke tahun. Bahkan, Mie Ayam Pak De Karyo juga telah dinobatkan oleh beberapa influencer atau food vlogger sebagai salah satu rekomendasi mie ayam Jakarta terbaik. Selain itu, Mie Ayam Pak De Karyo pun juga direkomendasikan oleh masyarakat warga sekitar Kelapa Gading, sebagai mie ayam enak terdekat di daerah Kelapa Gading.

Sebelum membahas mengenai kualitas layanan lebih lanjut, pahami dulu yuk, apa saja makna dari kualitas pelayanan menurut para ahli? Kalau seperti yang telah dikemukakan oleh Tjiptono (2008:86), kualitas pelayanan adalah suatu pemenuhan kebutuhan pelanggan yang berakhir dengan kepuasan yang dirasakan pelanggan. Nah, dengan arti yang dikemukakan oleh Tjiptono tersebut, dapat kita semua ketahui bahwa adanya korelasi antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan pelayanan yang baik, maka kepuasan pelanggan juga akan meningkat. Oleh karena itu, untuk dapat menganalisa kualitas layanan dengan terukur kita dapat menggunakan lima dimensi penilaian kualitas layanan berikut ini.

Dimensi Kualitas Layanan Pada UMKM Mie Ayam Pak De Karyo, Apa Saja?

Tangibles

Dimensi ini menggambarkan bukti langsung dari kualitas pelayanan suatu bisnis. Aspek yang dapat diukur diantaranya adalah fasilitas fisik, sarana komunikasi, pegawai, dan perlengkapan. Pada bisnis Mie Ayam Pak De Karyo, meski sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu Mie Ayam Pak De Karyo tetap menjaga fasilitas fisiknya dengan prima. 

Reliability

Dimensi ini menggambarkan seberapa handal suatu bisnis melayani sesuai dengan yang dijanjikan sesegera mungkin untuk memuaskan konsumen. Pada bisnis Mie Ayam Pak De Karyo, terlihat bahwa seluruh karyawannya menguasai masing-masing peran dengan baik sehingga dapat melayani konsumen dengan memuaskan.

Responsiveness

Dimensi ini merupakan standar yang melihat seberapa baik respon karyawan dalam menanggapi permintaan konsumen. Dari konsumen loyal yang terus berdatangan, terlihat bahwa Mie Ayam Pak De Karyo melakukan respon positif atas permintaan konsumen dengan baik. Sehingga, konsumen tak hanya merasakan kelezatan mie tapi juga merasakan experience yang menyenangkan.

Assurance

Dimensi ini menggambarkan seberapa mampu karyawan dalam menunjukkan sikap yang dapat menjamin kenyamanan konsumen. Hal yang terdapat didalamnya diantaranya adalah kesopanan dan sifat dapat dipercaya. Kepercayaan konsumen merupakan aspek penting yang tidak dapat dibayar dengan apapun. Mie Ayam Pak De Karyo yang telah berdiri sejak puluhan tahun nyatanya berhasil memelihara hal ini hingga dapat bertahan di tengah gempuran persaingan bisnis food & beverages yang cukup ketat.

Empathy

Dimensi ini meliputi seberapa mudah karyawan menjalin komunikasi dan berhubungan baik untuk memahami kebutuhan pelanggan. Keramahan yang dimiliki oleh Mie Ayam Pak De Karyo tak ayal lagi memang sangat dielu elukan oleh penggemarnya. Tak jarang, diluar hubungan sebagai konsumen dan pembeli pun mereka selaku konsumen memiliki hubungan akrab dengan para pegawai di toko.


Wah, dari gambaran diatas kita jadi tau nih aspek dimensi apa saja yang bisa digunakan untuk menilai kualitas pelayanan dari suatu bisnis. Ditambah lagi, ada ulasan langsung tentang kualitas Mie Ayam Pak De Karyo! Menarik banget kan infonyaa? Kalau mau tau lebih lanjut tentang info seputar bisnis, e-commerce, dan Mie Ayam Pak De Karyo terus simak website kita yaa!


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda